Ad Unit (Iklan) BIG

5 Alat Musik Tradisional Maluku, Unik!

Maluku merupakan salah satu daerah Indonesia yang terkenal dengan kesenian khasnya, oleh sebab itu provinsi ini mempunyai alat musik tradisional Maluku yang beragam.

Salah satu alat musk tradisional Maluku yang terkenal adalah Tifa, selain itu masih banyak alat musik lainnya, diantaranya adalah.

1. Jukulele


 

Alat musik tradisional Maluku yang pertama ini terbuat dari kayu dan kulit hewan dengan cara memainkan dipetik seperti gitar, biasanya alat musik ini dimainkan sebagai pengiring musik hawaian.

Seiring perkembangan zaman, terdapat modifikasi dari Jukulele yang mana bahan kayu berubah menjadi tempurung kelapa yang lebih murah dan mudah didapatkan.

2. Arababu


 

Merupakan alat musik melodis yang dimainkan dengan cara digesek seperti biola, meski begitu alat musin ini hanya mempunyai satu senar.

Arababu terbuat bambu dan belahan batok kelapa pada tabung resonasinya. Alat musik ini biasa dimainkan dalam kelompok bersama alat musik tradisional lainnya.

3. Rumba


 

Adalah alat musik tradisional Maluku ritmis yang termasuk kategori instrument perkusi. Alat musik ini dimainkan dengan cara digoyang-goyang mengikuti irama musik.

Rumba terbuat dari kelapa untuk kepalanya, kayu untuk pegangannya, dan pasir kasar pada bagian dalamnya.

4. Bambu Hitada


 

Pada zaman dahulu alat musik ini digunakan sebagai alat berkomunikasi dan mendekatkan diri kepada tuhan oleh masyarakat sekitar. Namun seiring perkembangan zaman alat ini digunakan sebagai hiburan.

Bambu Hitada dimainkan secara berkelompok, lalu secara bergantian menghentakan bambu dengan anggota kelompok lainnya.

5. Tifa


 

Alat musik yang terbuat dari kayu, rotan, dan kulit hewan ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul berbahan pelepah, gaba-gaba, atau dahan sagu.

Alat ini digunakan sebagai media berkomunikasi, pengiring tarian, dan penyemangat pertandingan perahu belang atau arumbai.

Itulah 5 alat musik tradisional Maluku yang perlu kalian ketahui, diantara daftar tadi masih banyak alat musik lain yang lebih unik dari provinsi ini.

Related Posts