Ad Unit (Iklan) BIG

Contoh Alat Musik Ritmis dan Pengertiannya

Secara umum, pengertian alat musik ritmis adalah alat musik yang berfungsi mengatur irama atau ritme dalam musik. Berbeda dengan alat musik melodis, alat musik ini tidak menghasilkan banyak nada.

Alat musik ritmis pun kebanyakan dimainkan dengan cara dipukul.

Meski begitu, alat musik ini memiliki peran penting dalam sebuah musik. Karena keberadaan alat musik ritmis dapat menjadi pelengkap sehingga sebuah musik dapat harmonis.

Contoh Alat Musik Ritmis

Berikut adalah beberapa contoh alat musik ritmis tradisional dan modern:

1.       Kendang

 


Merupakan alat musik ritmis tradisional Indonesia yang populer berbentuk tabung silinder berbahan kayu. Sementara di bagian ujung yang ditabuh (tebokan) terbuat dari bahan kulit kambing atau kerbau.

2.       Tifa


 

Alat musik ritmis tradisional ini berasal dari Papua, yang cara memainkannya sama dengan kendang yakni dipukul.

Meski begitu, bentuknya sedikit berbeda dengan kendang karena silinder bagian tengahnya kosong dan di ujungnya dilapisi kulit binatang seperti rusa.

3.       Marakas


 

Marakas mempunyai bentuk bulat yang bagian dalamnya diisi oleh biji-bijian. Cara memainkan alat musik ritmis ini adalah digoyang dengan tangan, sehingga nantinya gesekan antara biji dalam marakas akan menghasilkan suara.

Alat ini terbuat dari labu kering, kayu, kelapa, maupun kulit kering yang dijahit kemudian gagangnya terbuat dari kayu.

4.       Triangle


 

Salah satu alat musik ritmis modern yang berbahan utama logam berbentuk segitiga. Cara memainkan alat musik ini adalah dipukul menggunakan stik khusus yang terbuat dari logam.

5.       Drum


 

Alat musik ritmis modern satu ini memiliki bentuk tabung seperti kendang tetapi bahan yang digunakan berbeda. Karena drum luarnya terbuat dari plastik sintetis, selain itu drum pun dilengkapi alat musik lain diantaranya adalah snare, tom-tom, cymbal dan masih banyak lainnya.

6.       Tamborin


 

Sama seperti marakas, alat musik ritmis modern ini dimainkan dengan cara digoyang-goyangkan. Sehingga lempengan logam yang bertumbukan akan beradu dan mengeluarkan bunyi merincing.

Tamborin juga termasuk dalam alat musik klasik modern yang masih eksis sampai sekarang. Tamborin biasanya berbentuk bulat dari bahan kayu atau plastik menyerupai bingkai, yang di sepanjang bagian tersebut terdapat lubang-lubang yang berisi logam. Suara dari Tamborin dihasilkan ketika bingkai bulat tersebut dipukul dan digoyang-goyangkan, sehingga lempengan logam yang bertumbukan menghasilkan bunyi bergemerincing.

7.       Jimbe


 

Contoh alat musik ritmis yang terakhir ini memiliki bentuk dan cara memainkan sama dengan kendang. Tetapi Jimbe bukan berasal dari Indonesia melainkan dari Mali.

Alat ini terbuat dari kayu yang dipahat sementara untuk bagian yang ditabuh terbuat dari kulit binatang kering atau sintetis.

Itulah contoh alat musik ritmis dan pengertiannya, sebenarnya dari daftar tadi masih banyak alat musik ritmis lain seperti Cajon, Gong, dan Gandrang.

Related Posts