Ad Unit (Iklan) BIG

Inilah Macam-Macam Teknik Vokal Dalam Bernyanyi!

 


Sebuah lagu yang dinyanyikan akan terdengar lebih indah jika si penyanyi menguasai teknik vokal yang benar dan baik. Sebab jika mengandalankan suara bagus saja tidak akan cukup untuk menghasilkan lagu yang indah.

Oleh karena itulah, banyak penyanyi profesional yang belajar hingga menguasai teknik vokal. Teknik tersebut diantaranya adalah Pernapasan, Intonasi, Pembawaan, Resonasi, dan Artikulasi.

Masing-masing dari teknik tadi mempunyai fungsi dan cara penggunaan yang berbeda, adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

1.      Pernapasan

Adalah teknik keluar masuknya udara melalui paru-paru, teknik ini sangat penting bagi penyanyi. Sebab ketika bernyanyi udara yang digunakan akan lebih besar dibandingkan bernapas sehari-hari.

Teknik pernapasan terbagi lagi menjadi beberapa jenis yakni:

·         Pernapasan Dada

·         Pernapasan Diagfragma

·         Pernapasan Perut

2.      Intonasi

Salah satu latihan dasar yang penting sekali bagi seorang penyanyi, sebab tanpa teknik intonasi yang benar suara yang dihasilkan akan sumbang.

Teknik ini berarti “ketepatan suatu nada”, sehingga jika sang penyanyi bernyanyi dengan nada tepat akan menghasilkan suara yang indah untuk didengar.

3.      Pembawaan

Merupakan sebuah teknik untuk menginterpretasikan lagu oleh seorang penyanyi dengan tepat. Dalam teknik ini penyanyi harus memerhatikan beberapa faktor diantaraya adalah:

·         Pesan dan kesan yang disampaikan

·         Tema Lagu

·         Tempo

·         Dinamik

·         Irama

·         Birama

·         Gaya

·         Ekspresi

·         Klimaks

Teknik pembawaan juga sangat penting bagi seorang penyanyi, karena jika tidak bisa dibayangkan jika lagunya bertemakan kesedihan tetapi si penyanyi membawakannya dengan riang gembira.

4.      Resonasi

Merupakan gema yang timbul karena adanya ruangan berdinding, sehingga suara yang lemah akan menjadi keras dan indah.

Sebab pita suara manusia panjangnya hanya 1,5-2 cm.

5.      Artikulasi

Sebuah teknik mengucapkan kata-kata ketika bernyanyi dengan tujuan pesan dalam lagu bisa dimengerti pendengar. Untuk menguasai teknik ini penyanyi harus memerhatikan beberapa faktor penting diantaranya:

·         Posisi Mulut

·         Latihan Vokalisis

·         Pembentukan Bunyi Vokal

·         Pembentukan Bunyi Konsonan

·         Sikap Badan Tegap

Demikianlah beberapa teknik vokal beserta penjelasan singkatnya, kalian dapat berlatih mengunakan kelima teknik vokal tadi agar bisa bernyanyi dengan merdu dan indah.

Related Posts