Ad Unit (Iklan) BIG

Macam-Macam Fungsi Alat Musik Tradisional yang Harus Diketahui

 


Alat musik tradisional adalah bagian penting sebuah budaya dari komunitas masyarakat, dan telah berperan penting dalam berbagai aspek kehidupan.

Di Indonesia sendiri, terdapat beragam alat musik tradisional dengan beragam fungsi yang masih dilestarikan hingga saat ini. Tetapi fungsi alat musik tradisional dapat berbeda di tiap daerah.

Meski demikian karena perkembangan zaman, fungsi dari alat musik tradisional telah berkembang serta dikolaborasikan dengan “musik masa kini”.

Adapun beberapa dasar fungsi alat musik tradisional adalah sebagai berikut:

1.      Sarana Komunikasi

Yang pertama adalah sarana komunikasi, sebab bunyi dari alat musik tertentu mempunyai makna (arti) bagi kelompok masyarakatnya. Contohnya, bedug di masjid yang dipukul dengan pola ritme tertenu maka akan menandakan waktu ibadah bagi umat muslim Indonesia. tetapi jika di arab tidak ada yang namanya bedug.

Sehingga baik alat musik maupun nada dengan ritme tertentu jika dimainkan dapat berarti suatu peristiwa atau kegiatan.

2.      Sarana Upacara Adat atau Budaya

Dalam budaya kelompok masyarakat tertentu, bunyi yang dihasilkan dari alat musik dipercaya memberikan energi khusus bersifat mistis dan immaterial.

Oleh sebab itu, tak jarang beberapa daerah di Indonesia seperti Bali menggunakan alat musik tradisional sebagai pelengkap rangkaian ritual kebudayaan.

Selain itu, alat musik juga sangat erat kaitannya dengan aktivitas kebudayaan. Contohnya sebagai pengiring acara pernikahan, festival budaya, hingga kenegaraan.

3.      Sarana Pertunjukan dan Hiburan

Alat musik tradisional juga sering digunakan sebagai saran pertunjukan serta hiburan baik bersifat sosial maupun komersil.

Fungsi ketiga dari alat musik tradisional ini dapat memenuhi sarana rekreasi maupun ajang pertemuan. Selain itu, biasanya alat musik tradisional akan dipadukan dengan “musik tradisional.

4.      Sarana Berekspresi

Biasanya para seniman akan mengaktualisasi diri dan gagasan melalui permainan musik yang “musiknya” mereka ciptakan. Gagasan tersebut bisa tentang kehidupan, keluarga, asmara, kritik dan pesan moral lainnya.

Related Posts