Ad Unit (Iklan) BIG

Wajib Tahu! Berikut adalah Macam-Macam Bentuk Vokal Grup

 


Karena sekarang adalah eranya vokal group seperti BTS, JKT48 dan masih banyak lainnya, tentu akan aneh jika kita sendiri tidak mengetahui “apa itu vokal grup?” beserta macam-macam bentuknya.

Kalian perlu tahu bahwa secara umum, vokal grup didefinisikan sebagai kelompok penyanyi yang menyanyikan lagu bersama baik satu suata, dua suara, atau lebih. Kelompok tersebut dapat terdiri dari wanita saja, atau lelaki saja, maupun lelaki perempuan.

Penyanyi dalam vokal grup akan bernyanyi dengan ketinggian nada suara berbeda, seperti sopran, alto, bass, atau tenor.

Sebuah vokal grup dituntut harus kompak, kreatif, dan menampilkan ekspresi atau gaya dan gerak demi menambah daya tarik penampilan mereka.

Selain itu, kalian juga harus tahu bahwa vokal grup terdiri dari beberapa bentuk diantaranya adalah:

1.      Duet

Merupakan penyajian musik vokal yang dibawakan dua orang penyanyi dengan ketinggian suara berbeda serta diiringi alat musik. Duet bisa terdiri dari lelaki saja, perempuan saja, atau campur.

2.      Trio

Mungkin kalian kenal dengan “Trio Macan”?, yap trio adalah musik vokal yang dibawakan tiga penyani dengan melodi suara berbeda masing-masingnya.

Sama seperti duet, trio pun dapat terdiri dari lelaki saja, perempuan saja atau campur. Dan trio juga diiringi dengan alat musik.

3.      Kwartet

Sama seperti duet dan trio, hanya satu bedanya yaitu kwartet dibawakan oleh empat orang penyanyi.

4.      Vokal Grup

Meski hampir sama dengan bentuk sebelum-sebelumnya, tetapi vokal grup dibawakan “minimal” tiga orang dengan lebih dari satu suara. Serta diiringi alat musik tanpa menggunakan dirigen.

5.      Paduan Suara

Adalah penyajian musik vokal yang dibawakan 15 penyanyi atau lebih menggunakan suara dengan wilayah nada berbeda (ambitus). Nah berbeda dengan yang lain, paduan suara biasanya menggunakan dirigen meski kadang ada juga yang tidak.

6.      Akapela

Bentuk penyajian musik vokal yang tidak menggunakan dirigen, dan hampir sama seperti lainnya. Tetapi akapella ditampilkan tanpa iringan alat musik (instrument musik).

Related Posts