Ad Unit (Iklan) BIG

Jenis-Jenis Gitar dan Penjelasan Lengkapnya

 


Gitar merupakan salah satu alat musik yang paling banyak digunakan di dunia, sebab harganya yang terjangkau dan terbilang mudah dipelajari.

Alat musik berdawai ini diperkirakan sudah ada sejak 1500 sebelum masehi.

Secara umum gitar terbagi menjadi dua jenis yakni akustik dan elektrik, tetapi jika di dalami lebih lanjut ada beberapa jenis lainnya. Diantaranya adalah sebagai berikut!.

1.      Gitar Akustik


 

Merupakan girt dengan bagian badan yang berlubang, yang menghasilkan suara cukup keras tanpa penggunaan daya listrik.

Sebab bunyi gitar jenis ini berasal dari getaran senar yang mengalir antara tulang leher (nut) dengan jembatan kemudian diperkuat oleh badan yang berperan sebagai lubang resonasi.

Lubang tersebut berada di tengah badan gitar dan biasanya berbentuk lingkaran, meski sekarang ada berbagai macam bentuk.

Selain itu, gitar akustik terbagi lagi menjadi beberapa jenis yakni:

·         Gitar Senar Nilon

·         Senar Baja

·         Dua Belas Senar

·         Archtop

2.      Gitar Elektrik


 

Dikenal juga dengan nama “Gitar Listrik”, merupakan jenis gitar yang dirancang sedemikian rupa agar bunyi yang dihasilkan diperkuat secara elektrik. Sebab jika tanpa penguatan tersebut, maka suara yang dihasilkan akan lemah.

Cara kerja dasarnya adalah komponen Pick up elektromagnetik menangkap serta mengubah getaran dawai ke bentuk sinyal yang diteruskan ke pengeras suara melalui medium seperti kabel atau gelombang radio.

Suara yang dihasilkan pun bisa dimanipulasi menggunakan peralatan tambahan.

3.      Gitar Resonator


 

Merupakan jenis gitar akustrik yang bunyinya berasal atau dihasilkan dari resonator. Getaran dari senar akan dialirkan ke satu atau lebih loham pintal.

Gitar resonator biasanya digunakan dalam lagu genre Blues.

4.      Gitar Bass


 

Jika kalian pernah melihat orchestra yang memainkan bass berukuran besar, maka gitar bass adalah ukuran yang lebih kecil.

Tetapi berbeda dengan bass besar, gitar bass menghasilkan suara yang kecil jika tak menggunakan penguat listrik yang cara kerjanya sama seperti gitar listrik.

Keunggulan gitar bass dibandingkan bass biasa yang besar adalah mudah dibawa kemana-mana.

5.      Gitar 7 Senar


 

Gitar ini mulanya ada di Rusia dan Brasil gitar, yang standar tunningnya adalah B-E-A-D-G-B-E. Gitar ini mempunyai 7 senar dan biasanya digunakan pada musik aliran Rock atau Jazz.

6.      Gitar Sentuh (Touch guitar)


 

Berbeda dengan gitar lain yang cara memainkannya dipetik, gitar jenis ini dirancang agar bisa dimainkan dengan cara diketuk atau disentuh bagian senarnya.

Itulah beberapa jenis gitar yang ada di dunia ini, selain itu sepertinya masih banyak jenis gitar lain yang mungkin tak diketahui oleh saya.

Related Posts