Ad Unit (Iklan) BIG

Jenis-Jenis Alat Musik Tradisional Beserta Pengertian Lengkapnya

 


Sama seperti alat musik pada umumnya, alat musik tradisional pun dibedakan menjadi beberapa kategori berdasarkan sumber bunti dan cara memainkannya.

Adapun penjelasan lengkapnya adalah sebagai berikut:

A.    Berdasarkan Sumber Bunyi

Alat musik tradisional berdasarkan sumber bunyi dibedakan lagi menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah.

1.      Chordofon

Merupakan alat musik tradisional yang bunyinya bersumber dari senar atau dawai, contohnya adalah siter, sasando, kacapi, dan masih banyak lainnya.

2.      Aerofon

Alat musik tradisional jenis ini, bunyinya dihasilkan dari getaran udara yang ditiup. Salah satu contoh yang pasti kalian ketahui adalah Suling atau Seruling.

3.      Membranofon

Suara alat musik tradisional jenis ini dihasilkan dari selaput yang biasanya berbahan kulit hewan, salah satu contoh populernya adalah kendang.

4.      Idiofon

Sumber suara alat musik ini berasal dari bagian utama (badan) dari alat itu sendiri. Oleh karena itu, alat musik tradisional jenis ini biasanya dimainkan dengan cara dipukul atau digoyang, contohnya adalah Angklung atau Kolintang.

B.     Berdasarkan Cara Memainkan

Alat musik tradisional berdasarkan cara memainkannya, terbagi lagi menjadi beberapa jenis yakni:

1.      Dipetik

Biasanya memiliki dawai (senar) yang suaranya dihasilkan dari petikan dawai tersebut. Contohnya adalah kacapi, siter, dan lainnya.

2.      Digesek

Sama seperti sebelumnya, alat musik tradisional jenis ini mempunyai dawai (senar) seperti gitar. Tetapi cara memainkannya berdeda karena digesek layaknya biola, contoh alat musik tradisional jenis ini adalah Tarawangsa dari Jawa Barat (Sunda).

3.      Disentuh

Biasanya alat musik tradisional ini mempunyai tombol (tuts) yang menghasilkan bunyi (nada) ketika ditekan atau disentuh. Meski begitu, alat musik tradisional jenis ini sangat jarang ada di Indonesia.

4.      Dipukul

Cara memainkannya adalah ditabuh (dipukul) baik menggunakan alat pemukul maupun tidak. Alat musik ini juga termasuk kedalam jenis membranofon.

5.      Ditiup

Alat musik tradisional jenis ini biasanya memiliki rongga dan beberapa lubang untuk menghasilkan bunyi serta mengatur nada. Contohnya adalah suling, yang mana pemain akan meniupkan udara kemudian menutup beberapa lubang untuk menghasilkan nada tertentu.

Itulah beberapa jenis-jenis alat musik tradisional berdasarkan cara memainkan dan sumber bunyinya. Semoga bermanfaat!.

Related Posts