Ad Unit (Iklan) BIG

5 Aplikasi Pembuat Musik Terbaik Untuk PC atau Laptop!

 


Banyak orang yang tertarik untuk membuat lagu sendiri atau menjadi seorang produser musik. Jika zaman dahulu hal itu amatlah sulit dan mahal, karena perlu menyewa atau membeli sebuah studio besar.

Tetapi karena kemajuan teknologi yang pesat, maka proses pembuatan musik pun bisa dilakukan menggunakan komputer saja. Hal ini tentu akan memudahkan para musisi baru karena biaya yang dikeluarkan tidak besar namun kualitas yang dihasilkan dapat bersaing.

Bahkan beberapa musisi seperti Alan Walker, pertama kali membuat musik EDM nya menggunakan aplikasi FL Studio yang bisa kita beli lalu install di komputer maupun laptop. Hal itu Ia katakan dalam beberapa wawancara dengan majalah musik dunia.

Bahkan katanya, Alan Walker masih menggunakan aplikasi tersebut hingga sekarang.

Meski begitu, dari sekian banyak aplikasi yang bisa kita gunakan hanya ada beberapa saja yang menurut kami pantas untuk digunakan. Lalu aplikasi pembuat musik apa saja itu? berikut daftarnya!.

1.      Image-Line FL Studio

Aplikasi pembuat musik yang pertama ini sangat cocok bagi kalian yang ingin membuat musik EDM.

Karena banyak opsi atau fitur yang mendukung hal tersebut, selain itu kalian juga dapat mempelajari cara menggunakannya dari berbagai video di YouTube. Bahkan pihak FL Studio pun membuatkan tutorialnya di laman atau websitenya.

Selain EDM, aplikasi ini pun bisa kalian gunakan untuk membuat genre musik lain.

2.      Ableton Live

Rekomendasi aplikasi pembuat musik yang kedua ini telah hadir sejak 20 tahun lalu, atau lebih tepatnya rilis pada tahun 2001.

Tentu dalam jangka waktu yang panjang tersebut, aplikasi ini menghadirkan banyak fitur diantaranya 12 send and return tracks, audio to MIDI, audio slicing, 1000 lebih suara, dan masih banyak lainnya.

Selain itu, aplikasi ini pun tersedia dalam beberapa versi dari mulai yang paling dasar, standard, hingga atas. Sehingga bagi kalian yang masih pemula dapat menyesuaikan kemudian ketika sudah ahli dapat di upgrade.

3.      Steinberg Cubase

Beberapa tahun kebelakang, aplikasi ini sangat banyak digunakan di industri musik profesional salah satunya adalah “David Guetta”.

Mengapa begitu?, sebab aplikasi ini mempunyai banyak fitur yang banyak dan beberapa tidak ada di aplikasi lain. Beberapa fitur aplikasi ini diantaranya adalah Signature key tiap suara scoring dan instrument pack, drum editor, hingga fitur untuk mengedit trek MIDI secara manual.

4.      Logic Pro by Apple

Bagi pengguna MacBook, aplikasi ini mungkin jarang tersentuh oleh kalian. Tetapi tahukah kamu, kalau aplikasi pembuat musik dari Apple ini sudah ada sejak 1993 atau sekitar 28 tahun lalu.

Oleh sebab itulah jangan heran para musisi seperti Zedd dan Martin Jensen serta Band The Vamps menggunakan aplikasi ini untuk membuat sebagian besar musiknya.

Dengan pengalaman berpuluh-puluh tahun itu, tentu aplikasi ini terus berkembang sehingga menghadirkan banyak fitur setiap tahunnya.

Beberapa fiturnya yakni track consolidation, track stack, score editor, mixer tool, instrument layering, dan masih banyak lainnya.

5.      Studio One by Presonus

Rekomendasi aplikasi pembuat musik yang terakhir ini sangat cocok bagi pemula, sebab beberapa platform memberikannya secara gratis (gratis diunduh).

Meski begitu, fitur dan kualitasnya dapat bersaing dengan beberapa aplikasi sebelumnya. Dan jangan takut juga kekurangan fitur karena ada banyak sekali fitur dalam aplikasi ini.

Jika kalian kreatif, tentu musik yang dihasilkan pun akan maksimal baik menggunakan aplikasi profesional maupun tidak (atau gratis).

Daftar ini kami buat berdasarkan beberapa artikel yang dirangkum serta pengalaman pribadi. Bagi pemula, kami merekomendasikan FL Studio karena pengoperasiannya lebih mudah menurut pengalaman kami ketika mencobanya. Selain itu FL Studio tersedia juga bagi pengguna android.

Related Posts