Ad Unit (Iklan) BIG

8 Jenis Musik Modern yang Berkembang di Indonesia Hingga Saat Ini


 

Terdapat beberapa jenis musik modern yang berkembang di Indonesia. Yang umumnya mendapat pengaruh dari budaya luar negeri, kemudian dikembangkan maupun di modifikasi dengan tetap mempertahankan ciri khas budaya seni musik Indonesia.

Adapun beberapa contoh mudik modern yang berkembang di Indonesia adalah:

1.       Dandut

Jenis musik ini dihasilkan dari perpaduan antara musik Melayu, India, dan Indonesia. Dengan ciri-ciri menggunakan alat musik akustik (gendang, seruling, akordion), irama terdiri dari senandung (lagu dua makinang). Dan mempunyai cengkok khas dengan improvisasi.

2.       Pop

Salah satu jenis musik yang paling banyak digemari di Indonesia dan dunia. Yang mempunyai ciri menggunakan ritme bebas dan alat musik sederhana.

3.       Rock

Identik dengan musik yang bersifat agresif, namun seiring perkembangan zaman terdapat musik rock yang sederhana dan tidak terlalu agresif. Jenis musik ini mempunyai ciri nada luas, harmoni rumit, lirik ekspresif, dinamika aransemen yang kuat, dan masih banyak lainnya.

4.       Jazz

Mempunyai ciri khas improvisasi dengan aturan dan gaya yang telah disesuaikan. Jenis musik ini dikembangkan di negara Afrika-Amerika pada abad ke-20. Biasanya menggunakan alat musik seperti, bass, gitar, drum, saksofon, terompet, dan trombone.

5.       RnB

Ryhtme and Blues atau RnB merupakan paduan dari musik soul, funk, jazz, disco, dan rap. Dengan ciri-ciri berfokus pada lirik serta beat, dinyanyikan dengan ritme, harmonisasi yang progresif, dan masih banyak lainnya.

6.       Campursari

Dihasilkan dari perpaduan musik modern dengan keroncong, dangdut dan gamelan jawa. Yang kemudian muncul berbagai variasi lainnya.

7.       Keroncong

Musik ini erat kaitannya dengan musik portugis, karena mendapat pengaruh cukup besar dari Musik Portugis terutama penggunaan alat musik ukulele.

8.       Langgam

Hampir mirip dengan keroncong namun mempunyai ciri khas yang berbeda, bahkan karena kemiripannya. Jenis musik ini kerap disebut juga sebagai keroncong.

Itulah beberapa jenis musik modern yang berkembang di Indonesia. Mungkin beberapa jenis tadi tidak disangka termasuk musik modern.

Sumber: Wikipedia, Posbaru.com, Detik, Bobo.

Related Posts