Ad Unit (Iklan) BIG

10 Alat Musik Tradisional Sunda yang Mungkin Tidak Kalian Ketahui!

Sunda merupakan salah satu suku terbesar di Indonesia yang kebanyakan tinggal di wilayah Jawa Barat dan sekitarnya. Sunda memiliki beragam budaya dan kesenian yang masih dijaga hingga saat ini.

Contohnya adalah alat musik tradisional Sunda yakni angklung yang telah diakui sebagai warisan dunia. Selain angklung masih banyak alat musik tradisional lainnya dari sunda diantaranya adalah:

1.       Angklung


 

Alat musik tradisional sunda ini terbuat dari bambu yang dipahat atau dipotong sedemikian rupa agar dapat menghasilkan suara ketika digoyangkan.

Selain itu angklung mempunyai nada ganda serta ukuran berbeda, yang mana tiap ukuran angklung mempunyai nada berbeda.

2.       Karinding


 

Karinding dimainkan dengan cara yang unik, yakni diletakan di bibir kemudian ujungnya ditepuk sehingga menghasilkan suara.

Suara yang dihasilkan dapat diatur menggunakan kerongkongan pemain, alat musik tradisional ini terbuat dari bambu dan ada juga dari pohon aren.

3.       Calung


 

Alat musik tradisional sunda yang satu ini terbuat dari bambu jenis “awi wulung” (bambu hitam). Cara memainkannya tergantung dari jenis calung itu sendiri, jika calung jenis rantay cara memainkannya dipukul sembari duduk bersila. Sementara calung jinjing dimainkan dengan cara tangan kiri memegang alat dan tangan kanan memainkannya.

4.       Arumba


 

Alat musik ini merupakan gabungan dari beberapa alat musik bambu lainnya, yang berkembang menjadi sebuah musikal berjenis musik sendiri. Kebanyakan alat musik arumba berbahan awi temen, tali, dan wulung.

5.       Kacapi


 

Kacapi atau Kecapi dimainkan seperti hampir seperti gitar tetapi dawai yang digunakan berbeda tergantung jenisnya. Jika kacapi induk berdawai 18-20 sementara kacapi anak hanya 15 buah.

6.       Celempung


 

Alat musik tradisional ini memanfaatkan resonasi dalam ruas batang bambu karena terbuat dari kulit bambu.

Nada pada celempung diatur menggunakan nada pelog kemudian sisi lainnya diatur dengan nada slendro.

7.       Tarawangsa


 

Meski mirip seperti biola, tetapi tarawangsa hanya mempunyai 2 dawai dan hanya satu dawai saja yang dimainkan dengan cara digesek. Sementara dawai satunya lagi dimainkan dengan cara dipetik.

8.       Suling Bambu


 

Alat musik tradisional tiup ini terbuat dari bambu, yang mempunyai beberapa lubang untuk mengatur nada. Lubang tersebut bervariasi ada yang 4 maupun 8 tergantung kebutuhan dari lagu yang akan dimainkan.

9.       Rebab


 

Berbeda dengan tarawangsa, rebab mempunyai tiga senar (dawai) dan dimainkan dengan cara digesek seperti biola. Rebab biasanya terbuat dari bahan kayu.

10.   Jengglong


 

Alat musik tradisional sunda yang terakhir ini merupakan alat penting dalam sebuah kerangka lagu, karena menjadi suara dasar.

Jengglong dimainkan dengan cara dipukul menggunakan pemukul khusus yang dilapisi rajutan benang maupun wol.

Itulah beberapa alat musik tradisional sunda yang perlu kalian ketahui, selain daftar tadi masih banyak alat musik sunda lainnya yang sulit kami dapatkan gambarnya.

Related Posts